Senin, 09 Desember 2013

Menulislah, tulisanmu tak akan mati !



9 Desember 2013. Berawal dari sini, lagi lagi tergerak untuk lakukan penghimbauan. Tak perlu capek bersuara lantang. Hanya cukup konsenkan pikiran, dan arahkan pandangan kekertas kosong. Biarkan kata demi kata mengalir deras di iringi dengan gerakan jari jari lentikmu. Jangan biarkan tarian tanganmu berhenti untuk bergerak indah, Teruskanlah dan biarkan ia (pensilmu) smakin berkreasi . Hingga terhimpun paragraph paragraph pikiran hasil dari ide yang berhasil dituangkan.

 
Blogger’sShout-Out. Nama ini yang akhir akhir ini berhasil mengusik semangatku. Bukan menurunkan dan melunturkannya, malah semakin menaikkan adrenalin menulisku. Sebuah komunitas yang menghimpun blogger blogger kreatif untuk berkreasi dan mengukir karya dalam bentuk tulisan. Berbeda kota, usia serta genre tulisan tak jadi penghalang untuk setiap individu menyatu. Kecintaan pada menulislah yang merubah segala perbedaan menjadi sebuah kesatuan.

Penemuan tentang BSO pertama kali dikabarkan oleh orang yang telah terjun lebih dulu didalamnya. Seorang teman yang lahir lebih dulu dan berusia sedikit lebih tua, *Derry Oktriana . Tak ingat kapan itu tanggal pastinya, yang jelas awal pengenalan tentang BSO olehnya membuat diri tertarik untuk ikut bergabung didalamnya. Masih awamnya kemampuan menulis dan mengeksplor ide pun menjadi salah satu alasan yang membentuk “keinginan” untuk bergabung. Yang saya yakini, Banyaknya blogger blogger kreatif didalamnya pastinya akan banyak memberikan inspirasi diri hingga lama kelamaan statistic kemampuan menulis diri akan semakin meningkat dari waktu ke waktu.

“Campaign bulanan BSO”. Penjelasan ini yang paling jelas teringat dalam pikirku. Kegiatan menulis bulanan yang dilakukan oleh semua member BSO dengan mengusung satu tema besar saja. Kegiatan yang tampak simple dan mudah. Namun menurutku, disinilah letak keunggulan grup ini, yakni berhasil mengorbitkan banyak tulisan dalam setiap bulannya.  Bukan hanya itu saja, dengan menyamakan tema juga banyak berdampak pada peningkatan kemampuan mengeksplor ide . Beragamnya ide yang terkumpul dengan tema yang sama membuat grup ini banyak memproduksi variasi variasi dalam gaya penulisan dan penjabaran tema. 1 tema tapi berbeda pengeksploran ide dan pemikiran. Menarik bukan ? J Setelah tau ini, Bagaimana mungkin tak terbersit niat untuk bergabung sementaranya ianya terlalu menarik untuk di ikuti? 

Namun , dibalik itu semua ada hal dasar yang menjadikan diri mulai tertarik menggeluti dunia kepenulisan. “Amal Jariyah”. Tentunya kita semua pernah mendengarkan penuturan Rasulullah saw yang mengatakan bahwa :
"Jika anak Adam meninggal, maka amalnya terputus kecuali dari tiga perkara, sedekah jariyah (wakaf), ilmu yang bermanfaat, dan anak sholeh yang berdoa kepadanya.'' (HR. Muslim).”

Amal jariyah hanya bisa terus dikumpulkan saat jasad masih hidup berkelana dimuka bumi. Pengumpulan ini akan berakhir saat ruh telah di cabut oleh sang Pemiliknya. Ketika diri telah sampai pada batas akhir kehidupan. Kematian itu Pasti . Firman-Nya :
“Tiap-tiap umat mempunyai batas waktu. Maka apabila telah datang waktunya mereka tak dapat mengundurkannya barang sesaatpun & tak dapat (pula) memajukannya” (QS al A’raf:34)

Maka dari itu, untuk siapapun yang masih diberi kesempatan menjalani hari. Hidup hanya sekali dan harus dioptimalkan karena masa dunia akan terputus ketika diri dijemput oleh kematian. Berkaryalah, Karena ianya akan tetap hidup dan terkenang walau jasad kita telah menyatu dengan bumi. Menulislah, agar mati kita tak hanya tinggalkan ukiran nama di batu nisan, melainkan tinggalkan karya karya yang bermanfaat bagi semua insan. Menulislah dan berkaryalah, Biarkan setiap idemu tersusun dalam halaman halaman karya yang akan abadi hingga masa akhir mendatangimu. 

Hidup hanya sekali dan harus berhasil hantarkan kita menjadi pribadi terbaik yang membawa kita menempati rumah terbaik di akhirat nanti . Niatkan dalam diri untuk terus berkarya dan tak letih untuk menebar tulisan kemanfaatan. Nikmat kan terus mengucuri diri disaat mereka mengambil ilmu darinya dan memanfaatkannya dalam hidup mereka. Tak terbayang indahnya nanti saat hari perhitungan, ketika diri merasa tak cukup mengumpulkan pahala, merasa banyak bergelut dengan dosa, tiba tiba diberikan banyak catatan catatan kebaikan karena hasil tulisan yang berguna dan diamalkan orang lain. Menulislah.

Semoga kita semua mampu menebarkan kemanfaatan lewat pemikiran pemikiran yang kita tuangkan dalam tulisan tulisan kita. Menulis dan berkaryalah, karena tulisanmu tak akan mati !


 

6 komentar:

Deni Triyanto mengatakan...

tulisan yg mntap,,,,

Unknown mengatakan...

terimakasih terimakasih :D

Niken Rinda Ardita mengatakan...

nice post :) Salam kenal dan Salam Solid. hehe

Unknown mengatakan...

Yap. Salam Solid ^^d

Elyna Fazriyati mengatakan...

nice post :)
entah banyak ataupun sedikit tulisan yang dibuat, yg penting itu dapat bermanfaat untuk yang baca walaupun hanya sekedar curhat. benaaar?? hehhee...
salam kenal yaaak.salam solid :)

Unknown mengatakan...

Iya ya bener. Curhatan juga banyak ngandung pelajaran hehe
salam kenal dan salam solid juga ^^d

Posting Komentar

 
;