Rabu, 09 September 2015

Ngampus ,Jangan Sekedar Kampus ~

Sebagian dari kalian mungkin tahun ini mulai menjajaki jenjang baru dalam hidup . Bukan lagi hanya menjadi siswa. Tapi, kini kalian pun bergelar "maha ". Seragam putih abu abu dan dunia SMApun telah resmi kalian tinggalkan. Kalian kini sudah mahasiswa. Bukan bocah lagi.

Sekarang kampus akan jadi tempat baru kalian mengejar ilmu. 'Ngampus' akan jadi rutinitas harian . Belum lagi tentang tugas kampus yang nanti kalian terima. Inilah. Itulah. Semuanya akan kalian dapatkan cepat atau lambat beserta peningnya kepala akibat tumpukaj tumpukan tugas. Tapi, ya itulah kalian . Kalian sudah Mahasiswa , dan bukan bocah lagi .

Ngampus pulang ngampus pulang. Semoga bukan itulah kegiatan yang kalian pilih selama 4 tahun kedepan nanti. Kalian mahasiswa, bukan bocah lagi yang selalu ingin cepat pulang kala jam kuliah usai . Kalian sudah mahasiwa sekarang. Bukan anak anak lagi. Menghabiskan waktu 4 tahun hanya untuk rutinitas ngampus pulang ngampus pulang terasa sangat menyayangkan. Karna ngampus tak cuman tentang belajar akademik . Bukan sekedar belajar doang untuk dpatkan nilai bagus .

Kalian mahasiswa. Bukan anak anak lagi. Sudah saatnya memutus pola pemikiran yang kecil tadi . Tentang datang ngampus , belajar, pulang, main, tidur. Ah. Belum puaskah kalian melakukan itu dari belasan tahun yang lalu ? Bukannya SD, SMP , SMA sudah kita lalui dengan aktivitas 'biasa' seperti itu ?

Ayo men. Kalian mahasiswa. Bukan anak anak lagi. Sekarang sudah waktunya kalian ber-improvisasi. Meningkatkan standard diri kearah yang jauh lebih baik . Jangan jadikan 4 tahun kedepan habis dengan pola pola yang sama seperti halnya yang kita lakukan di skolah SD,SMP dan juga SMA .

Lalu , bagaimana melejitkan diri dikampus ?
Gimana bisa jadi orang yang lebih baik dari sebelumnya ?

Organisasi. Yap. Ini juga akan kalian temukan di kampus. Namun, sayangnya hal ini tak banyak dilirik oleh mahasiswa dikampus. Nampaknya pulang dan tidur lebih menarik dibanding organisasi. Atau takut nilai rendah karena organisasi ? Lah sudah . -_-

Jika kalian berasa bahwa organisasi menyebabkan nilai rendah, itu bukan karna kesalahan organisasinya. Tapi salah kita yang tak pandai memanajemen waktu. Toh tak berorganisasi belum tentu juga bisa jadikan kalian bisa ber-IP 4 . Bahkan tak sedikit orang yang juga mampu ber ip 4 ditengah kesibukan organisasi. Jadi , faktornya bukan karna organisasi nilai rendah, tapi karna kitalah nilai itu rendah. Tak belajar gimana mau nilai tinggi ? Bangun bangun , Jangan mimpi bro -_-

Jika kalian takut tak mampu memanajemen waktu hingga tak menyibukkan diri . Maka ketakutan ini hanya akan timbulkan penyesalan didepan. Cepat atau lambat.

Kampus dan organisasi . Rutinitas ini harus kalian masukkan dalam kegiatan harian. Jangan lagi kuliah pulang kuliah pulang. Ingat bro. Bukan bocah lagi wkwk.

Tapi, ada organisasi yang harus kalian jadikan prioritas utama juga dikampus . Prioritas utama untuk kalian ikuti. Lembaga Dakwah Kampus. LDK. Ukmi bahrul ulum. Nah. Lo harus ikut . Ini keren men . Keren.

Maka pikirkan lah. Bagaimana 4 tahun kedepan kuliahmu mahasiswa ? Bagaimana kalau kita bersepakat bahwa dimanapun kampus kalian. Kalian akan berorganisasi? Ayo men. Kalau 4 tahun masa kampus bisa kita jadikan luar biasa dengan nilai kuliah cemerlang, aktif organisasi dan ikut LDK (,memperbaiki diri dan mendekat pada Maha pencipta)  , kenapa kita harus memilih untuk jalan hidup yang biasa biasa saja ? Toh waktu yang terpakai juga sama sama 4 tahun !

Maka tentukan pilihan kalian. Jangan cuman berangan tanpa ada realisasi nyata. Jangan hanya pandai berkoar tanpa berwujud perilaku. Kita hari ini menentukan kita di masa mendatang. Maka , kalau hari ini kita tak merasa capek dengan mempersiapkan diri, mungkin kita akan tetap seperti ini . Menjadi orang yang biasa biasa saja.

"Selagi bisa melakukan apapun yang baik, maka lakukanlah. Sungguh merugi kita yang dari hari kehari hanya bertambah kemalasan tanpa menambah keimanan dan kemampuan diri"

0 komentar:

Posting Komentar

 
;