Senin, 22 Desember 2014

Masih inginkah kita disini ? :)

Coba sejenak pikirkan . Kenapa hari ini kita berada disini ? Masuk kedalam lingkungan (islami) yg mencintai kebaikan dan mengajak diri untuk terus memperbaiki diri ? Bukankah diluar sana juga banyak lingkungan yg sama atau bahkan lebih menarik daripada lingkungan ini ? Lantas , knapa kita juga masih disini ?

Pikirkanlah juga . Kenapa hri ini kita melakukan ini ? Kesana kemari, pindah sana pindah sini. Berlelah lelah ciptakan acara untuk mendapatkan ikhwan serta akhwat untuk melanjutkan perjuangan ini ? Bukankah di saat yg sama kita juga punya pilihan untuk tak terlibat sama sekali? Bersantai santai ria dirumah, nonton film terbaru , online atau bahkan tidur ? Bukankah aktivitas itu tak melelahkan dibandingkan harus mondar mandir mikir ini mikir itu untuk cari penerus ? Lantas, knapa kita masih melakukannya sampai skrg ?

Coba sejenak pikirkan . Kenapa kita mesti repot mengurusi ini ? Menggunakan waktu waktu kita hnya untuk memikirkan org lain dan umat ini. Bukankah saat ini, kita juga bisa memikirkan diri kita sendiri ? Bukankah kita bisa mementingkan diri kita sndiri dibandingkan mereka dgn sgala kepentingannya ? Lantas, kenapa kita masih juga ingin memikirkannya sampai sekarang ? Menyusun strategi agar wujud madani tampak dilingkungan negeri ?

Maka, Berkacalah disisa sisa semangatmu yg mulai surut, untuk apa kita disini dn mengapa kita disini . Tanyakan pada diri sendiri dan jawablah. Agar masa surut lekas berganti dgn pasang yg tak lagi kenal surut. Agar redup berganti kobar yg menyala nyala. Karena sampai kita disini tentu karena kita punya semangat itu dulu (di awal) . Semangat untuk terus dan terus memperbaiki diri. Iyakan ?

Berkacalah di sisa sisa waktu yg telah terporsir untuk dunia kita . Untuk apa kita disini dan mengapa kita harus gunakan waktu kita untuk org lain ? Bukankah mereka juga punya jatah waktu sndiri tiap harinya ? Lantas , knapa kita mesti pikirkan kondisi kita dan umat ini ? Tanyakan pada dirimu dan jawablah. Agar ego dan dunia tk bsa kuasai semua waktu kita. Agar kita bsa memberikan segala ide untuk terus memikirkan dan berjalan disini dalam waktu terbaik yg telah kita khususkan. Bukan diwaktu waktu luang sisa porsiran dunia kita. Tapi, waktu terbaik. Bkn waktu sisa ..

Berkacalah disisa sisa waktu malammu. Tanyakan sendiri dan jawablah sendiri. Bukankah kita sendirilah yg lebih mengenal diri kita sndiri ? Tanyakanlah segera dan jawablah dengan sungguh sungguh !

Hari ini, mgkin kita bsa dibilang adalah kaum pengganti. Manusia yg hadir untuk menggantikan manusia masa lalu karena dulunya mereka lalai dalam memanfaatkan kesempatan ini. Ya. Mgkin hri ini kita pengganti.
Tapi besok dan seterusnya , belum tentu sama . Tidak selamanya pengganti akan terus mengganti jika ia lalai . Tidak seterusnya pengganti akan menggantikan jika ia tak sungguh sungguh dlm menempati barisan ini !

Ingatlah, menjadi pengganti bukan berarti tak bisa tergantikan. Hari ini menggantikan, besok belum tentu lagi. Karena boleh jadi, sekarang telah berjejer dibelakang kita org org yg siap menggantikan dan mengemban tugas ini . Mereka yg siap melanjutkan dgn sungguh sungguh apa apa yg mereka yakini . Dan ini bukan hanya ttg "digantikan kembali", tapi juga ttg kerugian besar akibat tak mampu maksimalkan penempatan awal ini !

"Dan jika kamu berpaling.niscaya allah akan mengganti(mu) dengan kaum yg lain. Dan mereka tidak seperti(mu) ini" (QS. Muhammad :38)

Hari ini kita diletakkan disini bukan peletakan biasa. Semuanya terstruktur dan terencana jauh jauh hari sblum kita melihat langit bumi. Maka ingatlah bahwa, kehadiran kita disini sepenuhnya adalah karena peletakkan kita disini oleh-Nya.  Bagaimana mgkin kita disini jika Allah tak hendaki kita disini ? Bagaimana mgkin kita bersama dakwah , jika Allah tak letakkan kita disini ?

Lantas , hrus bagaimana lgi ? Hruskah kita sia siakan kesempatan yg diberikan oleh-Nya dengan kelalaian kelalaian kita ? Jika tak ingin bersama jalan dakwah, maka kita ingin dengan siapa ??

Dan terakhir ,
Disisa sisa kesadaran dan cahaya yg masih ada , kembali tanyakan pada diri kita dan jawablah kembali .

Masih inginkah kita disini ? :)

2 komentar:

Posting Komentar

 
;